ARAH DAN TUJUAN

TULISAN INI SEBAGAI PADUAN PEMBELAJARAN DALAM DUNIA PERTANIAN. BOLEH DI COPY SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN DI RUMAH. WALAU SEMUA BUKAN HASIL TULISAN SAYA ALIAS MENGAMBAIL DARI BERBAGAI SUMBER, NAMUN DISINI TUJUAN UTAMA SAYA ADALAH BERBAGI. SAYA SANGAT PEDULI DENGAN DUNIA PERTANIAN, SEHINGGA SAYA BUAT BLOG KHUSUS MENGENAI PERTANIAN

Saturday 2 February 2013

PUPUK DAN PEMUPUKAN


PUPUK DAN PEMUPUKAN


Pupuk
Pupuk

MENGENAL PUPUK

 

Pupuk merupakan kunci dari kesuburan tanah karena berisiunsur hara untuk menggantikanunsur yang habis terserap tanaman.
Pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanamatau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan sehingga tanaman mampu berproduksi dengan baik. Materialpupuk dapat berupa bahanorganik ataupun anorganik. Jadimemupuk adalah menambahkan material dalam hal ini unsur harayang dibutuhkan tanaman. Pupukberbeda dengan hormon tanaman atau ZPT (Zat PengaturTumbuh).Pupuk mengandung bahan baku yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sedangkan ZPTmembantu kelancaran proses metabolisme. Meskipun demikian, ZPTdapat ditambahkan ke dalam pupuk terutama pupuk buatan.

Pupuk dapat diberikan lewat tanah ataupun disemprotkan kedaun. Agar pemberiannya tepat, perlu diperhatikan kebutuhan tanaman tersebut, sehingga tidak terlalu banyak bahan makanan yang diberikan karena jika terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat membahayakan tanaman.

Berdasarkan kebutuhan tanaman, pupukdikelompokkan menjadi :

1.      Pupuk Makro

Pupuk makro adalah pupuk yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah besar, terdiri dari unsur makro primer dan sekunder. Unsur makro primer meliputi Nitrogen (N), Pospat (P), dan Kalium (K), sedangkan makro sekundernya meliputi Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), dan Sulfur (S).

2.      Pupuk Mikro

Pupuk mikro adalah pupuk yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah relatif kecil. Sekalipun dibutuhkan dalam jumlah sedikitpupuk ini mutlak diperlukan tanaman, meliputi Klor (Cl)Besi(Fe),Mangan (Ma)Tembaga (Cu)Boron (B)Molibdenum (Mo), danSeng (Zn).

Berdasarkan asalnya, pupuk dikelompokkan menjadi :

1.      Pupuk Organik

Pupuk organik adalah pupuk yang terbuat dari bahan-bahan organik baik dari kotoran hewan atau manusia maupun dari sisa-sisa pelapukan tanaman.

2.      Pupuk Anorganik

Pupuk anorganik adalah pupuk buatan pabrik yang dibuat dari bahan-bahan kimia berkadar hara tinggi. Contoh UreaSP36,KCl, dll.

Berdasarkan cara pemberiannya, pupukdikelompokkan menjadi :

1.      Pupuk Akar

Pupuk akar adalah pupuk yang diberikan ke dalam tanah agar terserap oleh akar tanaman, baik dalam bentuk padat maupun cair (kocoran).

2.      Pupuk Daun

Pupuk daun adalah pupuk yang diberikan langsung ke tanaman melalui mulut daun (stomata) dengan cara disemprotkan.

PUPUKORGANIK DAN ANORGANIK

PUPUK ORGANIK

Fungsi pupuk organik :

1.      Memperbaiki struktur tanah.
2.      Meningkatkan daya serap tanah terhadap air.
3.      Menciptakan kondisi yang baik untuk kehidupan di dalam tanah.
4.      Sumber unsur hara yang dibutuhkan tanaman.
Jenis-jenis pupuk organik :

1.      Pupuk Kandang

Adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan baik padat maupun cair. Kandungan unsur hara kotoran ternak berbeda-beda karena masing-masing ternak mempunyai sifat khas tersendiri. Kandungan unsur hara dalam pupuk dipengaruhi oleh jenis ternak, makanan dan usia ternak.
Komposisi Unsur Hara dari Beberapa Jenis Ternak

Jenis Ternak
Padat
Cair
Padat Cair
N
P
K
N
P
K
N
P
K
Kuda
0,55
0,33
0,40
1,40
0,02
1,60
-
-
-
Sapi
0,40
0,20
0,10
1
0,50
1,50
-
-
-
Kerbau
0,60
0,30
0,34
1
0,15
1,50
-
-
-
Kambing
0,60
0,30
0,17
1,50
0,13
1,80
-
-
-
Domba
0,75
0,50
0,45
1,35
0,05
2,10
-
-
-
Babi
0,95
0,35
0,40
0,40
0,10
0,45
-
-
-
Ayam
-
-
-
-
-
-
1
0,80
0,40
Sumber : Pinus Lingga, Marsono, 2008.

2.      Kompos

Adalah pupuk yang berasal dari pelapukan bahan-bahan berupa dedaunan, jerami, alang-alang, rumput, kotoran hewan, sampah kota, dll. Proses pelapukan kompos dapat dipercepat melalui bantuan manusia. Pengomposan berarti merangsang perkembangan bakteri (jasad renik) untuk menguraikan bahan-bahan yang dikomposkan agar terurai menjadi senyawa lain. Dalam proses penguraian tersebut mengubah unsur hara yang terikat dalam senyawa organik sukar larut menjadi senyawa organik larut (tersedia) sehingga langsung bisa diserap tanaman. Pengomposan juga bertujuan menurunkan rasio C/N. Jika bahan organik yang memiliki rasio C/N  tinggi tidak dikomposkan dan langsung diberikan ke dalam tanah maka proses penguraiannya akan terjadi di tanah, mengakibatkan CO2 dalam tanah meningkat sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman, bahkan pada tanah ringan mengakibatkan daya ikat terhadap air rendah serta struktur tanahnya berserat dan kasar.

3.      Pupuk Hijau

Adalah pupuk yang berasal dari tanaman (hijauan) meliputi bagian daun, tangkai dan batang muda tanaman tertentu yang banyak mengandung unsur Nitrogen. Tanaman yang dikategorikanpupuk hijau mempunyai bakteri rhizobium yang menempel pada akar, terutama pada tanaman famili Leguminosae.

4.      Humus

Adalah sisa tumbuhan berupa daun, akar, cabang dan batang yang sudah membusuk secara alami lewat bantuan mikroorganisme dan cuaca. Sifat humus tidak berbeda dari kompos yaitu mudah mengikat air dan gembur, sedangkan ciri khasnya berwarna hitam sampai coklat tua. Salah satu cara menambahkan humus ke dalam tanah adalah dengan membenamkan pupuk hijau ke dalam tanah sehingga akan terjadi pembusukan yang membentuk humus.

PUPUKANORGANIK

Keuntungan pemberian pupuk anorganik :
1.     Pemberiannya terukur, karena komposisi haranya tepat.
2. Pemberiannya sedikit karena kandungan haranya tinggi sehingga dapat menekan biaya pengangkutan.
Jenis pupuk anorganik

1.        Pupuk Tunggal

Adalah pupuk yang kandunganharanya hanya satu harautama. Misal Urea mengandung unsur N (Nitrogen)SP36mengandung unsur P (Pospat) dan KCl yang mengandung unsur K (Kalium).

2.        Pupuk Majemuk

Adalah pupuk yang kandungan hara utamanya lebih dari satuunsur. Misal ZA mengandung unsur N (Nitrogen) dan S (Sulfur)NPKmengandung unsur N (Nitrogen)P(Pospat) dan K (Kalium)DAP(Diamonium-phospat) mengandung unsur N (Nitrogen) dan P (Pospat)KNO3 mengandung unsur K (Kalium) dan N (Nitrogen),MKP (Mono Kalium Phospat) mengandung unsur P (pospat) dan K (Kalium).

CARA MEMUPUK

 

Cara memupuk sangat tergantung pada jenis tanaman dan kebiasaan teknik budidaya yang diterapkan karena kita tidak bisa mengetahui kebutuhan tanaman secara tepat dan kandunganunsur hara tersedia dalam tanah. Semua hanya berdasarkan pengamatan fisik, kecuali jika kita menganalisa kandungan haratanah ke laboratorium.
Macam-macam cara memupuk antara lain:

1.        Ditabur atau disebar

Diterapkan untuk pupuk berupa butiran (granule) atau serbuk.Pemupukan cara ini dilakukan pada tanaman yang jarak tanamnya rapat atau tidak teratur dan pada tanaman yang sistem perakarannya dangkal seperti tanaman padi.

2.        Larikan

Bikin larikan untuk memupuk, masukkan pupuk ke dalam larikan kemudian tutup lagi dengan tanah agar pupuk yang diberikan tidak mudah menguap. Pemupukan cara ini dilakukan pada tanaman yang jarak tanamnya lebar dan teratur seperti jagung, kacang tanah, dll.

3.        Dimasukkan ke lubang tanam

Digunakan untuk tanaman tahunan yang sebelumnya diawali dengan pembuatan lubang tanam. Pupuk dimasukkan ke dalam lubang kemudian ditutup lagi dengan tanah.

4.        Pengocoran

Diterapkan untuk pupuk cair atau pupuk padat yang pemberiannya dilarutkan dulu dalam air. Keuntungan memupuk cara ini adalah pupuk langsung diserap oleh akar tanaman yang kemudian diolah oleh daun.

No comments:

Post a Comment